Selasa, 12 April 2011

Aneurisma Aorta Torakalis

img
Foto: clevelandclinic.org

Deskripsi
Pada penyakit ini terjadi penggelembungan aorta yang melewati bagian dada. Penyebabnya belum dapat diketahui secara pasti walaupun banyak di antaranya yang menderita tekanan darah tinggi. Sekitar 50% di antaranya adalah penderita sindrom marfan.

Gejala

Gejala khas yang ditimbulkan penyakit ini adalah rasa nyeri pada punggung sebelah atas, batuk, dan mengi. Banyak di antaranya yang batuk sampai mengeluarkan darah sebagai akibat tekanan atau erosi pada pipa udara maupun saluran pernapasan sekitarnya. Penekanan pada kerongkongan membuat kesulitan menelan. Sedangkan bila terjadi pada pita suara bisa menyebabkan serak.

Jika aneurisma aorta torakalis sampai pecah maka akan timbul rasa nyeri luar biasa pada punggung sebelah atas. Nyeri akan menjalar ke mana-mana termasuk dada dan lengan yang menyerupai serangan jantung (infark miokardial). Dalam keadaan seperti ini besar kemungkinan orang tersebut akan meninggal karena kehilangan banyak darah.

Pengobatan
Dengan teknologi MRI, CT Scan, atau USG transesofageal dapat ditentukan ukuran gelembung. Bila ukurannya mencapai 7,5 cm akan dilakukan pembedahan. Namun pada penderita sindrom marfan, aneurisma yang berukuran lebih kecil pun tetap akan diambil dengan pembedahan karena memiliki kecenderungan pecah. Angka kegagalan pembedahan ini mencapai 10-15%.

(tbs/tbs)

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More